Total Tayangan Halaman

Kamis, 21 Maret 2013

BAGAIMANA CARA UNTUK MENAMBAH ILMU YANG KITA MILIKI?

Seorang pelajar atau penuntut ilmu pastinya ingin sekali memperoleh ilmu sebanyak mungkin. Akan tetapi, terkadang mereka tak tahu bagaimana cara untuk mendapatkannya. Perlu diketahui, sebenarnya ada banyak sekali yang bisa dilakukan seorang pelajar atau penuntut ilmu agar ilmu mereka bertambah. Kali ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan  dari hasil pemaparan Yai dalam pengajian rutin yang ada di pondok  saya, tentang bagaimana cara untuk menambah ilmu.
Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan seorang pelajar atau penuntut ilmu agar ilmu mereka bertambah:
  • Memperbanyak membaca
Tentu kalian semua sudah mengerti dan mengetahui bahwa membaca sangatlah penting bagi kita semua. Bahkan ayat al-qur’an yang pertama kali turun juga mengandung perintah membaca yakni di dalam QS. Al-‘Alaq :1-5 .
Jikalau ada seorang pelajar atau penuntut ilmu yang menginginkan ilmunya bertambah tanpa membaca, maka bagaikan mengharapkan matahari di malam hari. Maka untuk itu, kita sebagai pelajar atau penuntut ilmu hendaknya segeralah  merperbanyak membaca.  
  • Memperbanyak diskusi
Dengan berdiskusi, kita akan mendapatkan tambahan pengetahuan yang mungkin awalnya kita tidak mengetahuinya. Diskusi di sini sangatlah penting dalam menambah pengetahuan seseorang, karena dengan memperbanyak berdiskusi maka akan banyak pula solusi-solusi  yang kita dapatkan terhadap suatu pengetahuan.
Bahkan ada seorang tokoh ulama besar yang selalu berdiskusi  tentang segala hal untuk menambah pengetahuan dan wawasan beliau. Beliau adalah Imam Abu Hanifah.  Maka untuk itu, kita sebagai seorang pelajar dan penuntut ilmu apa salahnya jikalau memperbanyak diskusi. Seorang Imam Abu Hanifah yang seorang tokoh ulama besar berdiskusi, mengapa kita tidak?
  •  Memperbanyak bertanya sekaligus berfikir dengan akal yang sehat
Banyak orang yang sebenarnya memilki banyak pertanyaan akan tetapi terkadang merasa takut untuk menanyakannya. Justru untuk masalah yang seperti ini, harus kita hindari karena jikalau kita tak berani menanyakannya kitapun akan rugi yakni akan kehilangan banyak pengetahuan yang seharusnya kita dapatkan secara mudah. Adapun tokoh ulama yang sering bertanya sekaligus berfikir dengan akal sehat yaitu Imam Ibnu Abbas.
  • Hindari sifat sombong dan bakhil (pelit) dalam hal berbagi ilmu kepada orang lain
Dulu ketika Abu Yusuf (murid dari imam Abu Hanifah) ditanya, “kenapa ilmunya bisa bertambah?”... kemudian beliau Abu Yusuf menjawanb dengan jawaban “ janganlah sombong dan bakhil (pelit) untuk berbagi ilmu kepada orang lain.  Untuk itu hindarilah dari kedua sifat tersebut.
  • Jangan meniru budaya zaman dahulu yang kolot akan tetapi tirulah budaya dulu yang tangkas dan tegas sebagaimana budaya yang bisa membuatmu maju dan bisa berfikir kreatif dan inovatif.
  • Selalu mengucap syukur kepada Allah SWT. atas segala hal yang telah diberikan kepada kita. 
Itulah beberapa cara bagaimana untuk memperoleh ilmu agar ilmu tersebut bisa bertambah dan bermanfa'at. Demikianlah....
Selamat melaksanakan dan semoga bermanfa'at!!!


3 komentar:

  1. Sangat bermanfaat jangan lupa mampir ke blog saya ya :)

    http://muhammadpadil20.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Postingan yg bagus dan menarik :D ,alangkah baiknya lagi tulisan allah saw diubah menjadi allah swt hehehe, terimakasih :D

    BalasHapus