Total Tayangan Laman

Jumat, 08 Maret 2013

UJIAN DALAM KEHIDUPAN





Dalam menjalani kehidupan tak pernah lepas dari sebuah ujian yang menghadang. Ujian yang selalu datang secara tiba2, lantas membuat seseorang merasa cemas dan khawatir. Padahal perlu kita ketahui bahwa ujian sesungguhnya adalah cara untuk membuat kita lebih bisa bertahan dalam menjalani kehidupan. Ujian tersebut adalah ibarat sebuah tantangan yang harus kita hadapi dan  kita jalani. Di saat ujian atau tantangan itu tidak ada dalam kehidupan kita, maka besar kemungkinan kita akan terlena dan terpesona dengan suasana yang ada, serta tidak mampu lagi untuk berubah dan mengoptimalkan potensi yang kita miliki. Allah tidak akan menguji seorang hamba-Nya di luar batas kemampuan manusia. Jikalau kita yakin dan bersungguh-sungguh menjalani dan menghadapi ujian tersebut, maka atas ijin Allah,  pasti kita akan berhasil melaluinya dan menjadi pemenang.
Ujian adalah sesi diantara dua realitas, yaitu realitas masa lalu dan masa depan. Ujian juga merupakan sebuah tangga kehidupan. Misalkan kita sekolah di tingkat Menengah ke Atas kelas X, untuk bisa naik ke tingkat XI , maka ada ujian sebagai syarat untuk bisa beralih atau pindah  ke  kelas XI. Maka dari situlah, terdapat dua sesi  realitas yaitu peralihan dari sebelum dan akan ke kelas XI. Dan itulah yang dinamakan dengan ujian. Untuk meraih keberhasilan dalam menjalani ujian, maka perlu adanya kesungguhan dan kegigihan serta kepercayaan dalam diri bahwa sesungguhnya kita bisa menjalani dan melewati ujian tersebut.
Ujian diberikan kepada manusia untuk menguatkan jiwanya dan membersihkan dosanya, serta akhirnya keluar sebagai pemenang. Maksud tersebut adalah setiap ujian itu untuk memastikan seberapa derajat kualitas keimanan (keyakinan) seseorang akan hal yang diimaninya (diyakininya) . Dibalik ujian pastinya terdapat sebuah hikmah yang termbunyi. Adapun hikmah dari setiap ujian yang dihadapi  seseorang itu akan selalu meningkatkan  ketinggian dan kemuliaannya disisi Allah dan akan menguji kebenaran keimanannya.
Ada  sebuah pepatah mengatakan semakin tinggi kedudukan seseorang maka semakin banyak ujian yang menghadang, hal ini diibaratkan ada sebatang pohon yang tumbuh semakin tinggi maka terjangan anginnya pun akan semakin kencang. Ujian merupakan suatu gambaran atau cara Allah  SWT mencintai kita. Maka untuk itu, kita sebagai hamba-Nya harus bisa menghadapi ujian tersebut dengan lapang dada, penuhi dengan rasa syukur dan bahagia ibaratkan ujian tersebut dikala datang sebagai kekasih yang mampu mewarnai kehidupan kita karena dalam hidup ujianlah sebagai pewarna dan perasa kehidupan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar