1.pengertian
tela’ah kurikulum
Tela’ah adalah
menganalisis, menyelidiki, mengkaji dan meneliti. Sedangkan Kurikulum adalah rencana tertulis tentang
kemampuan yang harus dimiliki berdasarkan standar nasional, materi yang perlu
dipelajari dan pengalaman belajar yang harus dijalani untuk mencapai kemampuan
tersebut dan evaluasi yang perlu pencapaian kemampuan peserta didik, serta
seperangkat peraturan yang berkenaan dengan pengalaman belajar peserta didik
dalam mengambangkan potensi dirinya pada satuan pendidikan tertentu.
2. Alasan kita perlu meganalisis atau menela’ah
kurikulum
Ada beberapa
alasan mengapa kita perlu menganalisis atau menela’ah kurikulum, diantaranya
adalah:
- Sebagai pekerjaan rutin atau tanggung jawab
- Informasi yang lebih lengkap
- Untuk kepentingan pribadi dan lembaga
- Dan lain-lain
Sebelum kita melakukan analisis kurikulum,
maka terlebih dahulu kita harus mengetahui gambaran-gambaran tentang kurikulum.
Adapun informasi yang diperlukan dalam tela’ah kurikulum adalah semua yang
bersangkutan dengan kurikulum.
Dalam menela’ah kurikulum ada beberapa hal
yang akan dinilai, yaitu penilaian terhadap tujuan, isi, strategi, media dan
evaluasi.
Ada beberapa hal yang memudahkan kita
dalam menganalisa, yaitu:
- Objektivitas yaitu informasi langsung
- Kejelasan yaitu informasi yang mudah dipahami dan dimengerti serta tidak menimbulkan makna ganda
- Pembatasan ruang lingkup
- Keberadaan yaitu data yang mudah dan murah diperoleh
- Manfa’at.
Tambahan:
Telah kita ketahui bersama bahwasannya
perubahan kurikulum dilakukan setiap10 tahun sekali. Adapun salah satu faktor penyebab
perubahan kurikulum adalah kondisi siswa dan orang tua yang merasa keberatan
terhadap kurikuLum tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar