Total Tayangan Halaman

Kamis, 21 Maret 2013

CATATAN KECIL TENTANG TELA’AH KURIKULUM



1.pengertian tela’ah kurikulum
Tela’ah adalah menganalisis, menyelidiki, mengkaji dan meneliti. Sedangkan  Kurikulum adalah rencana tertulis tentang kemampuan yang harus dimiliki berdasarkan standar nasional, materi yang perlu dipelajari dan pengalaman belajar yang harus dijalani untuk mencapai kemampuan tersebut dan evaluasi yang perlu pencapaian kemampuan peserta didik, serta seperangkat peraturan yang berkenaan dengan pengalaman belajar peserta didik dalam mengambangkan potensi dirinya pada satuan pendidikan tertentu.
2. Alasan  kita perlu meganalisis atau menela’ah kurikulum
Ada beberapa alasan mengapa kita perlu menganalisis atau menela’ah kurikulum, diantaranya adalah:
  •  Sebagai pekerjaan rutin atau tanggung jawab
  •  Informasi yang lebih lengkap
  • Untuk kepentingan pribadi dan lembaga
  •  Dan lain-lain

Sebelum kita melakukan analisis kurikulum, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui gambaran-gambaran tentang kurikulum. Adapun informasi yang diperlukan dalam tela’ah kurikulum adalah semua yang bersangkutan dengan kurikulum.

Dalam menela’ah kurikulum ada beberapa hal yang akan dinilai, yaitu penilaian terhadap tujuan, isi, strategi, media dan evaluasi.
Ada beberapa hal yang memudahkan kita dalam menganalisa, yaitu:
  1. Objektivitas yaitu informasi langsung
  2.  Kejelasan yaitu informasi yang mudah dipahami dan dimengerti serta tidak menimbulkan makna ganda
  3. Pembatasan ruang lingkup 
  4.  Keberadaan yaitu data yang mudah dan murah diperoleh 
  5.  Manfa’at.
Tambahan:
Telah kita ketahui bersama bahwasannya perubahan kurikulum dilakukan setiap10 tahun sekali. Adapun salah satu faktor penyebab perubahan kurikulum adalah kondisi siswa dan orang tua yang merasa keberatan terhadap kurikuLum tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar